Selasa, 09 Oktober 2012

RANCANGAN MEMBUKA USAHA TOKO PAKAIAN DAN PERLENGKAPAN UNTUK BAYI DAN BALITA








Usaha yang akan saya ambil adalah dibidang pendistribusian pakaian  bayi dan balita dengan membuka toko baru, yang melatar belakangi saya membuka usaha toko pakaian dan perlengkapan untuk bayi dan balita adalah usaha ini merupakan peluang usaha yang masih memberikan keuntungan yang bagus alasannya karena :
1.     Tingkat kelahiran bayi sangat  tinggi. Setiap hari selalu saja ada bayi yang lahir. Pertumbuhan bayi juga relatif cepat.
2.     Rumah Sakit selalu membutuhkan supplier baju bayi.
3.     Produk baju bayi dan perlengkapannya tahan lama.
4.     Produk baju bayi dan perlengkapannya mudah disimpan dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas.
5.     Pendistribusiannya produk baju bayi dan pelengkapannya mudah.
6.     Dibutuhkan modal yang fleksibel.


Membuka usaha toko pakaian bayi dan balita tujuannya mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk, menguasai pasar dan pelanggan untuk menjadi distributor dari pabrik tertentu, dan target utama adalah mendirikan pabrik produk pakaian bayi dan balita.


Produk
Produk yang akan ditawarkan adalah pakaian untuk bayi dari usia 0 hingga 5 tahun, dan perlengkapannya mulai dari bayi lahir sampai dengan kebutuhannya di saat tidur kembali.Produk didapat dari supplier atau agen dan pabrik-pabrik yang memproduksi pakaian dan perlengkapan bayi. Untuk produk bisa dengan membuat produk sendiri atau makloon atau belanja secara grosir baju bayi di pabrik maupun produsen baju bayi.


Proses Pemasaran dan Promosi
Rantai bisnis di bidang penjualan hampir mirip, dimulai dari PABRIK - DISTRIBUTOR - AGEN - TOKO - BISNIS RUMAHAN - BISNIS PERORANGAN -  USER. Pasar baju bayi ini sudah sangat jelas karena pemakainya adalah bayi dan pembelinya bisa siapa saja karena selain ibu dan ayah sang bayi, biasanya baju bayi juga bisa buat kado saat lahiran bayi saudara, tetangga, teman, dll. Saya juga akan membuat kerjasama dengan Rumah Bersalin untuk menjadikan barang saya sebagai souvenir atau bingkisan untuk bayi yang baru lahir di Rumah Bersalin itu. Untuk promosi awal memasang iklan di internet untuk penjualan secara online. Kemudian dengan cara menitipkan brosur di klinik-klinik, Rumah Sakit dan mendatangi rumah-rumah ibu yang mempunyai balita untuk menyebarkan brosur. 

B.   Harga
Untuk harga pakaian dan perlengkapan bayi dan balita, disesuaikan dengan harga dari produsen sendiri dengan mengambil keuntungan sebanyak 70% sehingga bila saya akan mengadakan promo diskon saya masih dapat mengembalikan modal hingga 50%.

Lokasi Toko
Untuk lokasinya, saya membuka toko di pusat perbelanjaan atau di ruko-ruko pusat kota. Dengan mendesain toko semenarik mungkin dan penuh hiasan warna-warni yang mencerminkan toko untuk pakaian bayi dan balita.

Untuk membuka usaha toko saya harus menyiapkan modal awal sebesar 70 juta untuk menyewa toko sebesar 20 juta, setting peralatan display toko dan dekorasi sebesar 10 juta, dan untuk  membeli barang dagangan adalah 50 juta. Kemudian saya perlu menyisihkan dana cadangan untuk biaya operasional hingga usaha saya dikenal masyarakat. Dana cadangan ini digunakan untuk biaya listrik, gaji karyawan 1 orang dan lain sebagainya per bulan akan dikeluarkan sebanyak 2 juta maka untuk 6 bulan ke depan saya harus menyiapkan dana cadangan sebesar 12 juta.




 Rencana anggaran biaya usaha

RANCANGAN KEBUTUHAN USAHA

1.Biaya pra investasi (sewa toko dan peralatan toko)          Rp. 30,000,000.-
2.Pembelian aktiva tetap                                                  Rp. 10,000,000.-
    - berwujud                           Rp. 7,000,000.-
- tidak berwujud                 Rp. 3,000,000.-   
3.Modal Usaha ( Barang )                                                Rp. 50,000,000.-
4.Dana Cadangan                                                           Rp. 12,000,000.-
 Jumlah kebutuhan investasi                                             Rp. 92,000,000.-

Dana yg tersedia (modal sendiri)               Rp.22,000,000.-
Dana pinjaman                                        Rp.70,000,000.-
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar